Selamat datang di SMPN1Pucanglaban

UN 2012 : JUJUR DAN BERPRESTASI

26 Mei 20120 comments

Ujian Nasional 2012: Jujur dan Berprestasi
Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun ini menyelenggarakan Ujian Nasional (UN). Diawali dengan UN untuk jenjang SMA/MA dan SMK kemudian disusul dengan jenjang SMP/MTs pada bulan April, dan selanjutnya awal bulan Mei untuk jenjang SD. Total seluruh siswa di Indonesia yang akan mengikuti UN sekitar 10,8 juta siswa di sekolah pendidikan dasar dan menengah.
Berkenaan dengan kegiatan besar UN tersebut, editorial bulan April 2012 mengangkat topik “Ujian Nasional 2012: Jujur dan Berprestasi”. Editorial ini mengacu pada tulisan Prof. Suyanto, Ph.D, Plt. Direktorat Jenderat Pendidikan Dasar dan Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang dimuat dalam Harian Pagi Kedaulatan Rakyat, Senin 16 April 2012 mengemukakan bahwa UN memiliki tujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu. Hakikatnya kelulusan siswa akan ditentukan dengan menggunakan alat evaluasi internal dan eksternal yang dilakukan oleh guru dan sekolah.
Siapa yang berhak mengikuti proses evaluasi internal, yang kemudian dikenalkan dengan Ujian Sekolah ini? Proses evaluasi internal hanya bisa diikuti oleh siswa yang telah menuntaskan proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Evaluasi internal bermaksud untuk mengukur kompetensi dalam kemampuan kognitif, efektif, dan psikomotorik secara terintegrasi dalam keseluruhan proses belajar mengajar dengan alat ukur yang dibuat oleh guru dan sekolah pada semua unit pelaksana kegiatan. Evaluasi eksternal dilakukan oleh pemerintah yang kemudian disebut UN. Evaluasi ini hakikatnya dilakukan untuk mengukur kompetensi siswa dalam aspek kogmitif dengan alat ukur yang dibuat peragam secara nasional pada unit pelaksana atau komponen kurikulum ilmu pengetahuan dan teknologi
UN tahun ini memiliki perbaikan signifikan dari sisi pencetakan soal. Kegiatan ini ditarik ke pusat dan hanya dilakukan oleh percetakan yang memiliki standart security printing untuk mencegah kebocoran soal sebab pada tahun sebelumnya berbagai data di berbagai daerah menunjukkan bahwa kebocoran soal selalu terkait dengan proses pencetakan. Disamping itu, soal yang digunakan adalah 5 set soal secara pararel dengan tingkat kesulitan yang sama. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya perjokian, pencontekan, dan atau beredarnya kunci jawaban yang mungkin diedarkan melalui sms sebelum para siswa menempuh UN.
Semangat baru UN tahun ini ialah adanya upaya melakukan integrasi vertikal pendidikan nasional kita. Ini artinya, nilai UN pada tahun depan (2013) akan dapat digunakan sebagai paspor untuk memasuki Perguruan Tinggi. Oleh karena itu tahun ini UN harus jujur agar tahun depan Perguruan Tinggi dengan tanpa bertanya-tanya lagi mau menerima mahasiswa baru atas dasar nilai UN yang dimiliki siswa.
UN jujur dan berprestasi ini sangat penting dan berada diatas segala-galanya. Kejujuran merupakan karakter terpuji yang harus dimiliki siswa. Tidak hanya siswa saja, kejujuran UN harus ditegakkan oleh para guru, Kepala Sekolah, dan Kepala Daerah Kab/Kota juga harus memiliki komitmen yang tinggi untuk menegakkan UN yang jujur.
Untuk dua tahun terakhir ini, kejujuran guru dan Kepala Sekolah ditantang dan diuji. Mengapa? Karena tahun lalu nilai kelulusan siswa ditentukan oleh nilai raport dan Ujian Sekolah (40%) dan nilai UN 60%. Dengan komponen nilai Ujian Sekolah yang berbobot 40% itulah ada kecenderungan sekolah berupaya mengatrol nilai ujian siswa dengan harapan apabila di rata-rata dengan nilai UN, maka para siswanya masih aman dan bias dinyatakan lulus.
Disamping itu kejujuran Kepala Daerah juga akan menentukan jujur-tidaknya UN tahun ini. Jangan sampai ada Kepala Daerah yang menginstruksikan agar sekolah di daerah kekuasaannya harus lulus 100% demi untuk kepopuleran secara politis.
Itulah sebabnya pemerintah melakukan deklarasi mengenai UN Jujur Berprestasi bersama pemuda, dengan maksud memberikan dukungan kepada sekolah untuk tidak takut menghadapi tekanan dari pihak tertentu agar harus meluluskan 100% siswa disekolah mereka.

Kepala Bagian Umum, PPPPTK Matematika
Dra. Ganung Anggraini, M.Pd
http://unduhgratisku.tk/
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : S1laban | MGMP | Roeli Elha | Pusat Edukasi
Copyright © 2011. SMPN 1 Pucanglaban - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by S1laban
Proudly powered by Blogger